2 mins read

Satgas Pangan Kabupaten Malang Jamin Stok Bahan Pokok Aman Jelang Puasa Ramadan 2024

WH.MALANG – Satuan Tugas (Satgas) Pangan memastikan, kondisi kebutuhan bahan pangan di Kabupaten Malang cukup stabil. Sejumlah komoditas bahan pangan kini dalam jumlah mencukupi. Jelang memasuki datangnya bulan Suci Ramadan 2024, stok bahan pokok dan bahan pangan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Malang, cenderung surplus.

Menurut Satgas Pangan Polres Malang yang juga Kanit 3 Satreskrim Iptu Choirul Mustofa menjelaskan, hasil dari pengecekan langsung di sejumlah pasar tradisional, Rabu (21/2/2024) hari ini, sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami penurunan harga.

“Hari ini bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pasar kami lakukan kroscek si pasar Kepanjen. Ada beberapa harga kebutuhan pokok jelang Puasa Ramadan yang cenderung turun harga,” tegas Choirul, Rabu (21/2/2024) seusai Sidak Pasar Kepanjen, Kabupaten Malang.

Adapun data beberapa komoditas bahan pangan yang tercatat oleh Dinas Pasar dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang hari ini, lanjut Choirul, beberapa komoditas pangan mengalami penurunan harga dan juga harga cenderung tetap.

“Untuk stok minyak goreng cukup melimpah. Adapun harga minyak goreng masih stabil. Yakni jenis Minyak kita per liter Rp.15.000,” beber Choirul.

Sementara harga minyak goreng lokal = Rp14.500 per liter. Sehingga masih stabil, tidak terjadi kenaikan. Hal itu sama dengan minyak goreng kemasan premium yang stabil diharga Rp.16.500 per liter dan tidak terjadi kenaikan.

Khusus untuk harga bawang merah, sambung Choirul, terjadi penurunan harga hingga Rp 3000 per kilogram. “Untuk bawang merah perkilogram diangka Rp.27.000, terjadi penurunan harga sebesar tiga ribu rupiah dari sebelumnya,” tegas Choirul.

Penurunan harga juga terjadi untuk daging ayam. Daging ayam saat ini di pasar tradisional Kepanjen diangka Rp.32.000 perkilogram. Mengalami penurunan dua ribu rupiah. Sementara harga daging sapi cenderung stabil dengan stok tercukupi. “Harga daging sapi saat Rp.120.000 per kilogram. Stok cukup dengan harga masih stabil,” ujarnya.

Choirul menambahkan, stok beras sejauh ini di Kabupaten Malang masih cukup melimpah. Dengan harga beras premium perkilogramnya mencapai Rp.15.000. Sementara harga beras medium atau beras Bulog SPHP masih diangka Rp.10.900.

“Beras Bulog diangka Rp.10.900. Kemudian harga stabil dengan stok tercukupi yakni kentang, perkilogram tetap diangka Rp.16.000 perkilogramnya,” Choirul mengakhiri. (Is/Hum)

editor : Ida